Thursday, August 11, 2016

Perawatan usia tanam di atas 3 tahun hingga 6 tahun

Salaam GM Super,

Selanjutnya pada postingan berikut ini, saya akan membahas tentang perawatan yang perlu dilakukan untuk pohon gaharu unggul gm super pada saat berusia tanam di atas 3 tahun hingga 6 tahun.

Pada postingan sebelumnya mengenai perawatan 0 s.d 3 tahun pertama dapatlah kita simpulkan, bahwasanya selama 3 tahun pertama sejak dilakukannya penanaman point pentingnya adalah :
  1. Melakukan perawatan batang pohon agar tumbuh dengan baik, dengan pertumbuhan yang akan didapat berkisar pertumbuhan diameter pangkal batang 5 cm.
  2. Sudah dipersiapkan 5 s.d 8 cabang/dahan yang untuk bisa dipanen kecil pada tahun ke 5 atau 6. (Khusus untuk anda yang memang memprogramkan adanya panen kecil di tahun tersebut)
Selanjutnya kita akan membahas perawatan lanjutan untuk usia tanam di atas 3 tahun hingga 6 tahun.

Perawatan Usia tanam diatas 3 tahun s.d 4 tahun :

Pada saat ini pohon gaharu sudah tidak menggunakan pohon pelindung pohon pisang lagi, maupun jaring paranet. Pohon pisang sudah di tebang & paranet sudah di copot, namun saluran air atau sumur air tetap masih diperlukan bila cuaca di musin kemarau agak extrem, sehingga masih diperluakan air untuk penyiraman tanaman bila saatnya tiba.

Selain itu hal lain yang masih perlu dilakukan secara rutin adalah :
  1. Pemupukan min 3 bulan 1 kali, dengan membuat parit kecil dengan dalam 15cm lebar 15 cm di sekeliling pohon gaharu dengan jarak sejauh ujung daun pohon dengan pola melingkar. sehingga pupuk akan meresap dengan baik ke akar pohon, untuk tetap menjaga pertumbuhan pohon berjalan dengan baik.
  2. Tetap memperhatikan pertumbuhan dahan yang di persiapkan untuk di berikan inokulasi tambahan khusus hanya pada bagian dahan saja. (bila anda memerlukan bahan untuk inokulasi dahan silakan lakukan order pada kami, dengan biaya anda sendiri, tidak termasuk inokulan gratis yang kami berikan untuk pembentukan hole of resin pada batang pohon utama).
  3. Pada usia tanam ini anda sudah bisa melakukan pemanenan daun dalam skala kecil, berkisar 50 gram daun per pohonnya. Dan hal ini bisa dilakukan 3 bulan 1x.
  4. Dalam tahun ini anda akan mendapatkan kapsul inokulan secara gratis sebanyak 2 buah kapsul untuk 1 pohonnya, yang diberikan pada semester 1 dan 2 . Dengan catatan laporan perkembangan pohon anda rutin dilaporkan kepada kami min 3 bulan 1 x, terhitung sejak 0 tanam hingga usia tanam 3 tahun.


Perawatan Usia tanam diatas 4 tahun s.d 5 tahun :

Perawatan pada usia tanam ini tetap memperhatikan point 1-3 pada perawatan tahun 3-4 , diatas. 
Bagian penting di tahun ini adalah anda sudah mulai bila melakukan inokulasi tambahan pada 1 atau 2 dahan yang ada pada batang pohon anda dengan ketentuan :
  1. Pilih dahan dengan lingkar pangkal dahan minimal ukuran 6 cm, dengan panjang dahan milimal 1 meter. 
  2. Lakukan pengerjaan inokulasi dahan sesuai dengan petunjuk yang kami berikan pada tatalaksana inokulasi dahan/cabang pohon gaharu yang kami lampirkan petunjuknya saat anda melakukan order inokulan untuk dahan.
  3. Dahan yang sudah anda inokulasi ini bisa di panen paling cepat 1 tahun sejak inokulan dipasang dengan cara pemotongan pangkal dahan/cabang.
  4. Setiap anda melakukan inokulasi pada satu cabang/dahan, maka jangan lupa untuk mempersiapkan 1 cabang/dahan baru yang di persiapka menjadi calon dahan/cabang yang akan di inokulasi.
  5. Dalam tahun ini anda akan mendapatkan kapsul inokulan secara gratis sebanyak 2 buah kapsul untuk 1 pohonnya, yang diberikan pada semester 1 dan 2 . Dengan catatan laporan perkembangan pohon anda rutin dilaporkan kepada kami min 3 bulan 1 x, terhitung sejak 0 tanam hingga usia tanam 4 tahun.

    Perawatan Usia tanam diatas 5 tahun s.d 6 tahun :

    Memasuki usia tanam di atas 5 tahun menuju 6 tahun , perawatan yang dilakukan pada usia tanam di atas 3 tahun hingga 5 tahun masih tetap anda lakukan.
    1. Dalam tahun ini anda akan mendapatkan kapsul inokulan secara gratis sebanyak 2 buah kapsul untuk 1 pohonnya, yang diberikan pada semester 1 dan 2 . Dengan catatan laporan perkembangan pohon anda rutin dilaporkan kepada kami min 3 bulan 1 x, terhitung sejak 0 tanam hingga usia tanam 5 tahun.
    2. Panen 1 buah dahan/cabang pohon gaharu anda untuk setiap pohonnya panen 1 buah, dimana hasil panen ini sudah bisa digunakan untuk bahan penyulingan minyak gaharu, dengan kisaran harga jual Rp. 75.000 per kgnya.
    3. Tetap melakukan point - poin pada perawatan di atas 3 tahun hingga point tahun ke 5.
    Demikian tadi perawatan yang perlu anda lakukan dari usia tanam di atas 3 tahun hingga 6 tahun.

    Point penting pada masa ini adalah anda melakukan penambahan hole of resin sebanyak 6 titik pada batang pohon anda, dan bahan/obat atau kapsul yang anda gunakan adalah gratis dari kami, dan anda bisa memasangnya sendiri.

    Terima kasih,

    G. Muhammad





    No comments:

    Post a Comment