Friday, July 29, 2016

Persiapan Sebelum Menanam Gaharu GM Super

Salaam GM Super.

Selamat datang di blog GM Super, semoga apa yang saya tuliskan pada postingan ini dapat membawa manfaat, sebagai bahan referensi anda di dalam melakukan pembudidayaan pohon gaharu.

Untuk para pembaca yang telah membaca dan berkeinginan untuk melakukan penanaman pohon gaharu unggul GM Super, ada baiknya melakukan beberapa persiapan awal di lokasi penanaman pohon gaharu unggul ini.
Persiapan yang perlu anda lakukan adalah :

  1. Menghitung, keperluan bibit yang anda perlukan sesuai dengan luasan lahan tanam yang anda miliki. Didalam perhitungan ini yang perlu manda ketahui terlebih dahulu adalah jarak tanam antar pohon, berapa yang anda inginkan ? ........ 3x3 atau 5x5 ? ........ secara umum anda bisa memilih salah satu jarak tanam yang tuliskan diatas.
  2. Jarak tanam 3x3, bisa anda pilih , bila anda ingin kan pertumbuhan pohon gaharu anda tegak lurus ke atas dengan tidak merencanakan panen dahan/cabang pohon di kemudian hari. untuk jarak tanam 3x3 didalam setiap 100 m2 anda bisa melakukan penanaman 1 : 10, artinya bila luas tanah yang anda miliki adalah 500 m2, bisa melakukan penanaman sebanyak 500 m2 : 10 = 50 pohon gaharu GM Super.
  3. Jarak tanam 5x5, bisa anda pilih , bila anda ingin kan pertumbuhan pohon gaharu anda dengan merencanakan panen dahan/cabang pohon di kemudian hari. untuk jarak tanam 5x5 didalam setiap 1000 m2 anda bisa melakukan penanaman 1 : 20, artinya bila luas tanah yang anda miliki adalah 1000 m2, bisa melakukan penanaman sebanyak 1000 m2 : 20 = 50 pohon gaharu GM Super.
  4. Lubang Tanam, di persiapkan dengan ukuran 50cm x 50 cm x 50 cm untuk kondisi tanah yang subur, dan ukuran  100cm x 80cm x 80 cm untuk tanah yang tidak subur. Selanjutnya campurkan tanah galian tadi dan di ambil 50% saja, kemudian yang 50% lagi gantikan dengan pupuk kandang yang sudah matang/jadi. lalu di masukan lagi tanah galian tersebut ke lubang tadi dan diamkan sekitar 2 minggu. baru dilakukan penanaman.
  5. Pohon pelindung, yang disarankan untuk pohon gaharu yang baru di tanam hingga usia tanam 3 tahun adalah pohon pisang. Dengan melakukan penanaman pada posisi sebelah barat lubang tanam dengan jarak 30 cm dari pinggir lubang tanam yang sebelah barat. Usahakan anakan pisang yang di tanam memiliki tinggi minimal 1 meter. Biarkan pohon pisang sebagai pelindung pohon gaharu hingga pohon gaharu berusia tanam 3 tahun.
  6. Jaring Paranet, dipergunakan untuk wilayah atau daerah yang memiliki suhu harian rata-rata di atas 28 derajat celcius.
  7. Sumur atau pompa air, bila di perlukan untuk penyiraman tanaman pohon gaharu anda.
Bila ada yang kurang jelas untuk persiapan yang perlu anda lakukan sebelum melakukan penanaman pohon gaharu gm super, silakan contact kami di alamat/wa/call yang tertera di kartu nama glone muhammad dibawah ini :

No comments:

Post a Comment