Tuesday, July 26, 2016

ISTILAH YANG DIGUNAKAN PADA PENULISAN BLOG INI.

Salam GM Super, 

Melalui postingan ini saya ingin menyampaikan istilah-istilah yang digunakan pada penulisan blog ini. Hal ini penting saya tuliskan agar pemahaman rekan sesama pelaku pembudidaya pohon gaharu dapat lebih memahami apa apa yang saya sampaikan tentang pembudidayaan pohon gaharu unggul GM Super.

Semoga tulisan yang sederhana ini dapat menambah referensi anda tentang pembudidayaan pohon gaharu, beserta segala aspek pendukungnya.

  1. GM Super, adalah sebutan untuk bibit/pohon gaharu yang mengaplikasikan teknologi yang saya kembangkan di kelompok tani Gubal Gaharu Indonesia. GM Super itu sendiri adalah G=gerakan, M=menanam, Super=unggul. Jadi pengertiannya adalah suatu gerakan untuk menanam pohon gaharu unggul, agar petani gaharu memperoleh pohon gaharu yang benar-benar berisi resin/wangi/aroma yang di hasilkan oleh pohon ini masuk ke dalam kelas grade gaharu kwalitas export.
  2. Sogol, adalah sebutan untuk sebuah komponen yang dipasangkan pada bibit/pohon gaharu. Sogol berbentuk sepotong kayu bulat, dimana di dalam kayu tersebut sudah di isi dengan bacteri yang dikembangkan di pangkal batang dan tertanam di dalam tanah, sehingga bila di rawat dengan baik akan sangat membantu pembentukan resin gaharu pada pangkal batang pohon hingga ke akar gaharu itu sendiri.
  3. Kapsul, adalah komponen yang di gunakan sebagai wadah/tempat yang berisi bahan inokulan untuk pohon gaharu, dimana ukuran kapsul itu sendiri bervariasi. Dari yang kecil hingga yang besar. Disesuaikan dengan ukuran batang pohon atau bagian yang akan diprogram untuk pembentukan resin.
  4. Resin Gaharu, adalah kandungan zat di dalam kayu gaharu yang apabila di bakar akan mengeluarkan aroma wangi, dan bila di olah dengan mesin penyulingan akan menjadi minyak gaharu.
  5. Chip Resin, adalah kumpulan resin gaharu yang terbentuk pada bagian pohon gaharu. bisa di batang, dahan, akar. Chip resin pada umumnya memiliki bentuk uniq, setelah dilakukan proses carving (pembersihan kayu). Ukuran chip resin juga sangat bervariasi, begitu pun bentuknya sangat banyak ragamnya.
  6. Hole of Resin, adalah lubang yang terbentuk pada batang pohon gaharu gm super yang mengandung resin gaharu dan proses pembentukan resin terus berjalan menjadi semakin matang pada lubang ini seiring dengan bertambahnya usia pohon gaharu.
  7. Teknik Belah Batang, adalah sebuah cara yang digunakan di dalam pengolahan pohon gaharu unggul gm super, agar di peroleh posisi bagian kayu yang terbaik untuk dijadikan chip gaharu.
  8. Inokulasi, adalah sebuah proses pengerjaan pemasangan obat/serum/inokulan yang di pasangkan pada bagian pohon gaharu, bisa pada batang, dahan, akar dan posisi lainnya.
  9. Inokulan, adalah bahan/zat/obat yang berupa penyakit, di masukan ke bagian pohon gaharu, sehingga akan merangsang pohon gaharu mengeluarkan anti bodinya yang disebut resin gaharu.
  10. Inokulasi Bertahap, adalah proses pemasangan inokulan pada bagian pohon gaharu yang dilakukan secara berkala, biasanya setiap 6 bulan 1 x.
  11. Antibodi Gaharu, adalah zat yang dikeluarkan oleh pohon gaharu melalui bagian bagian kayu atau kulit, dimana zat yang di keluarkan ini akan menyatu dengan kayu itu sendiri sehingga kayu menjadi beraroma wangi bila dibakar. ibaratnya seperti tubuh manusia mengalami luka dan tubuh manusia mengeluarkan sel darah putih untuk menangkal penyakit yang masuk ke tubuh.
  12. Panen Kecil, adalah mengambil hasil sedikit atau sebagian kecil dari pohon gaharu yang anda miliki, seperti panen daun, kulit, dahan, akar.
  13. Panen besar, adalah panen yang dilakukan dengan mengambil seluruh bagian dari pohon sekaligus. Batang , dahan, akar, daun, kulit. sehingga pohon ini betul betul tidak tertanam lagi di tanah, dan memerlukan penanaman pohon yang baru di lokasi panen yang anda lakukan.
Dan untuk istilah yang sudah umum tidak perlu lah, saya sampaikan disini supaya tidak memperpanjang mukadimah penjelasan pada postingan blog ini.

Terima kasih atas kunjungan anda pada blog Glone Muhammad. Bila ada yang ingin anda tanyakan, silakan contact saya di wa/call +62 853 555 289 86

Terima Kasih

No comments:

Post a Comment