Tuesday, August 9, 2016

Perawatan usia tanam 0 s.d usia tanam 3 tahun


Salaam GM Super,
Terima kasih atas kunjungan rekan/saudara semua yang tengah melakukan budidaya pohon gaharu atau pun yang ingin menanam pohon gaharu unggul GM Super.

Menanam pohon gaharu bukanlah seberapa banyak nya anda melakukan penanaman , namun lebih kepada seberapa banyaknya resin gaharu yang terbentuk pada pohon yang anda tanam.
Untuk mendapatkan resin gaharu yang baik dan banyak dalam setiap pohon yang anda tanam, kata kuncinya adalah "Perawatan khusus yang anda berikan , mulai pohon gaharu di tanam hingga usia tanam 6 tahun kedepan". 

Saat saat penanaman 6 tahun pertama menjadi kunci tolak ukur tingkat keberhasilan anda di dalam proses pembentukan resin pada pohon gaharu unggul yang anda tanam.

Baiklah melalui postingan ini saya akan berbagi pengalaman dengan rekan pelaku budidaya dimana pun berada, secara umum tahap perawatan ini, akan saya bagi menjadi 3 bagian :
  1. Perawatan usia tanam 0 tahun s.d 3 tahun pertama, (akan saya uraikan pada postingan ini).
  2. Perawatan usia tanam di atas 3 tahun s.d 6 tahun, untuk informasinya silakan anda click disini : PERAWATAN PENTING DI USIA 3 TAHUN HINGGA 6 TAHUN !
  3. Perawatan tambahan untuk pohon gaharu unggul gm super, dengan usia tanam di atas 7 tahun. Informasi lengkapnya silakan anda click disini !!!!!!.

PERAWATAN USIA TANAM 0 TAHUN s.d 3 TAHUN

Untuk anda yang sudah melakukan penanaman pohon gaharu unggul gm super, pada tahap ini yang perlu anda perhatikan adalah,

0 Tahun s.d 1 tahun pertama :
  • Memberikan lindungan pohon gaharu anda dari terik matahari langsung, khususnya panas di waktu jam 11 siang s.d sore hari, hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pelindung jaring paranet 65% dengan posisi paranet melindungi bagian atas pohon dan sisi sebelah barat dari pohon yang anda tanam. Disamping itu lebih baik lagi dengan di dampingi pohon pisang yang ditanam di sisi sebelah barat pohon dengan jarak 50 cm dari posisi tanam. 
  • Melakukan pemupukan rutin 2 atau 3 bulan sekali, dengan memperhatikan kondisi tanah & kemiringan tanah. Untuk tanah yang memiliki kemiringan di atas 45 derajat, sebaiknya pemupukan dilakukan 2 bulan 1 x. Sedangkan posisi tanah datar bisa dilakukan 3 bulan 1x. Pupuk yang anda berikan sebaiknya adalah pupuk organik (Bisa anda buat sendiri dari kotoran ternak seperti, Ayam, Sapi, Kambing atau pun pupuk kompos).
  • Sebaiknya tidak perlu di lakukan pemangkasan atau pemotongan dahan atau daun pada usia tanam ini.
  • Sebaiknya di lahan yang anda tersedia sumur/pompa air, yang sangat berguna untuk menyiram tanaman anda bila musim kemarau tiba. Penyiraman sebaiknya dilakukan di bawah jam 7 pagi atau di sore hari di atas jam 5 sore. Penyiraman bisa dilakukan sehari 2 x atau melihat situasi cuaca bisa 1 x sehari atau 2 x sehari.
  • INTINYA DI TAHUN INI ADALAH, Mengejar pertumbuhan akar dan batang agar bisa tumbuh sebaik mungkin, serta penyesuaian pohon gaharu terhadap lingkungan lahan.

> 1 Tahun s.d 2 tahun pertama :

Perlakuan sama seperti tahun pertama, pacu terus pertumbuhan pohon gaharu anda dengan baik.

Melepas pelindung jaring paranet, jika dipandang pohon sudah cukup kuat menahan sinar matahari langsung, dan perkembangan akar sudah bagus. lihat gambar gambar dibawah ini.



> 2 Tahun s.d 3 tahun pertama :

  1. Sama seperti tahun ke 1 dan kedua, hanya pada tahun ini anda harus menentukan pilihan , APAKAH CABANG/DAHAN AKAN DI PERSIAPKAN UNTUK PANEN KECIL DI TAHUN KE 5 ATAU KE 6 ?....
  2. BILA "YA", maka pangkaslah dahan yang tidak perlu dan tinggal 5 s.d 8 cabang/dahan yang anda persiapkan untuk panen kecil di tahun ke 5 dan 6.
  3. BILA "Tidak", Lakukan pemangkasan secukupnya saja.
Demikian secara umum hal-hal yang perlu anda lakukan pada tanaman pohon gaharu yang anda tanam, bila ada hal lain, seperti hama ataupun sesuatu yang menggangu pertumbuhan pohon gaharu anda, bisa anda konsultasikan kepada team GM Super, melalui contact :
wa/call. +62 853 555 289 86
call/sms. +62 853 2504 8875

Terima kasih.
G. Muhammad


No comments:

Post a Comment